Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Alat Masak Berbahan Teflon

Teflon, alat masak yang disukai para wanita ini memang memiliki banyak keistimewaan. Selain keistimewaan fungsinya, alat masak ini juga tampil elegan dan popular di kalangan jenis alat masak. Tapi tidak hanya memiliki kelebihan saja, teflon juga memiliki beberapa kekurangan lho..! Yuk disimak apa kekurangan dan kelebihan Teflon.


KELEBIHAN TEFLON


1. Nyaman digunakan, karena ringan dan handle-nya kuat.

2. Membuat bentuk masakan lebih bagus. Lapisan anti lengketnya membuat makanan tidak cepat gosong, warna dan bentuk makanan juga terjaga.

3. Mudah dibersihkan. Lapisan anti lengket membuat makanan tidak ada yang tertinggal, sehingga alat masak mudah dibersihkan. Cukup biarkan alat masak menjadi dingin terlebih dahulu setelah digunakan, baru disiram dengan air dingin, cuci dengan busa lembut, lalu usap dengan kain bersih.

4. Hanya perlu sedikit minyak, atau tidak sama sekali. Sehingga cocok bagi mereka yang sedang diet menurunkan berat badan. Alat masak stainless steel, besi, dan alumunium masih membutuhkan minyak saat menggoreng.

Supaya alat masak Teflon tetap awet, JANGAN MELAKUKAN HAL-HAL BERIKUT INI..!

Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Alat Masak Berbahan Teflon

KEKURANGAN TEFLON

1. Harganya tergolong mahal. Tapi soal harga sebenarnya relatif tergantung kualitas. Namun secara umum teflon relatif lebih mahal dibanding alat masak jenis lainnya. Untuk bisa dipahami, mengingat proses untuk pembuatannya lebih kompleks daripada besi cor, stainless steel atau alumunium.

2. Berpotensi mengganggu kesehatan. Teflon yang sudah mengelupas beresiko terhadap kesehatan. Apalagi jika dipanaskan pada suhu tinggi. Bahan kimia untuk membuat teflon bisa menjadi racun saat bercampur dengan makanan. Jadi sebaiknya, rawat teflon dengan baik, dan jangan digunakan lagi jika memang teflon sudah mulai rusak.

3. Tidak boleh digunakan untuk memanggang atau membakar bahan makanan. Suhu yang tinggi membuat lapisan teflon mengelupas dan berasap. Asap teflon yang panas inilah yang berbahaya untuk kesehatan.

4. Hanya cocok untuk memasak makanan yang butuh suhu rendah, seperti tumisan, dadar dan ceplok telur.

5. Umur pemakaian pendek. Alat masak teflon tidak bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Maksimal pemakaian hanya 5 tahun saja. itu pun untuk yang lapisan teflonnya tebal atau yang berkualitas bagus. Jika sudah demikian, tidak ada jalan lain kecuali menggantinya dengan peralatan baru.

(Sumber : Nyata)

Related Posts

Previous
Next Post »