Resep Membuat Donat Kentang - Mudah Dan Bisa Jadi Inspirasi Usaha

Seperti halnya membuat donat pada umumnya, donat satu ini juga mudah membuatnya. dengan berbahan kentang yang tak kalah lezat dan menyehatkan. Resep donat kentang ini juga bisa dijadikan inspirasi untuk usaha rumahan yang sekarang sedang ngehits dikalangan ibu-ibu rumah tangga. Dijamin laris manis, semanis donat kentang berikut ini. Yuk, dicoba..!


Resep Membuat Donat Kentang

Resep Membuat Donat Kentang - Mudah Dan Bisa Jadi Inspirasi Usaha
 
Bahan :
200 gram kentang (kupas, kukus, haluskan, dinginkan)
500 gram tepung terigu
100 gram gula halus
11 gram ragi instan
50 gram susu bubuk
4 butir kuning telur
75 gram mentega
1/4 sdt garam
100 ml air matang dingin

Cara Membuat :

1.  Campur tepung terigu, gula halus, ragi, aduk rata. Campurkan kuning telur dan kentang yang sudah dihaluskan. Tuangkan 100 ml air dingin sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan menjadi kalis (tidak lengket). Jika belum kalis, bisa menambahkan terigu sedikit demi sedikit sampai adonan donat benar-benar kalis dan licin.

2. Setelah adonan benar-benar kalis, baru masukkan mentega dan garam. Jika adonan belum kalis, dikhawatirkan garam akan bertemu dengan ragi dan menyebabkan adonan tidak bisa mengembang. 

3. Setelah semua bahan tercampur rata, tutup wadah adonan dengan kain/serbet atau semacamnya. Dengan tujuan agar adonan tidak kering sambil menunggu adonan mengembang. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. 

4. Setelah adonan mengembang, kempiskan terlebih dahulu. Cetak menjadi bentuk donat, bisa menggunakan cetakan donat, dan diamkan kembali sekitar 20-30 menit. 

5. Panaskan minyak goreng. Goreng donat kentang dengan api kecil saja, sampai donat berwarna kecoklatan. Angkat dan segera tiriskan.

6. Sajikan donat kentang dengan gula bubuk, coklat, keju atau berbagai toping kesukaan. 

Selamat mencoba..! Silahkan dishare jika ingin menyimpan resep ini..
 

Related Posts

Previous
Next Post »