Agar Peralatan Masak Teflon Tetap Awet, JANGAN MELAKUKAN HAL-HAL BERIKUT INI..!

Para sobat wanita pasti paling suka memasak menggunakan alat berbahan teflon. Selain ringan, tidak membuat masakan gosong, juga mudah dicuci. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat teflon ini. Karena jika salah merawat, maka alat masak favorit ini akan cepat rusak dan tidak bisa digunakan lagi, pasti sayang kaan..?

Agar peralatan masak Teflon tetap awet, JANGAN MELAKUKAN HAL-HAL DIBAWAH INI..!


Sebelumnya, kenali dulu Apa itu Teflon Dan Bagaimana Memilih Teflon Yang Baik
 
Agar peralatan masak Teflon tetap awet, JANGAN MELAKUKAN HAL-HAL BERIKUT  INI..!

1. Untuk alas memotong
Menggunakan teflon untuk alas memotong akan menimbulkan goresan yang susah hilang. Akibat buruknya, alat bisa cepat berkarat.

2. Dipanaskan saat kosong
Jangan memanaskan panci teflon saat kosong karena membuat suhu naik dengan cepat.  Olesi dengan sedikit mentega dan gunakan suhu rendah. Panci teflon yang panas tanpa isi bisa memunculkan asap.

Asap yang terjadi karena pembakaran lapisan teflon sangat berbahaya jika terhirup. Karena teflon terbuat asam tetrafluorokarbon (PFOA) yang pada suhu tinggi akan terurai menjadi gas saraf fosgen yang bisa mengganggu pernapasan.

3. Mengaduk menggunakan sendok logam
Saat menggunakan panci atau wajan teflon, gunakan sendok atau peralatan dari kayu atau spatula silikon untuk mengaduk dan mengambil makanan.

4. Di tumpuk
Susun peralatan teflon dengan benar. Jangan ditumpuk agar terhindar dari goresan. Lebih baik jika digantung.

5. Disiram air dingin
Menyiram wajan atau panci teflon yang masih panas dengan air dingin akan membuat lapisan teflon mengelupas. Akibatnya kemampuan alat mendistribusikan panas jadi menurun. Sehabis dipakai, biarkan alat benar-benar dingin baru disiram air.

6. Memasak pada suhu tinggi
Semua alat masak teflon dibuat untuk memasak pada suhu rendah hingga sedang. Panas tinggi membuat lapisan teflon meleleh dan rusak. Panas maksimal teflon saat digunakan memasak adalah 270 derajat celcius.

7. Sabut kasar
Saat mencuci, sabut kasar berbahan keras menyebabkan lapisan teflon terlepas. Gunakan busa lembut saat mencuci.

8. Masuk dalam mesin cuci piring
deterjen atau mesin cuci piring tidak cocok untuk mencuci peralatan teflon. Alat teflon jadi mudah rusak tidak bisa benar-benar kering. Bahkan bisa muncul karat. Cuci teflon secara manual, keringkan dan lap menggunakan kain bersih.

Related Posts

Previous
Next Post »