Resep Membuat Putu Bumbung - Jajanan Tradisional Yang Masih disukai

Putu Bumbung memiliki rasa yang lezat, karena campuran kelapanya yang bikin lidah ketagihan.Kue putu ini biasa disajikan dengan warna original (putih) atau pandan (hijau) yang sering kita beli di penjual kue putu keliling. Nah, jika bunda ingin mencoba membuat kue putu ini, berikut resep dan cara membuatnya. Jajanan sehat yang pastinya disukai anak-anak.
 

RESEP PUTU BUMBUNG

Resep Membuat Putu Bumbung


Bahan :
375 gram tepung beras
125 gram gula merah, iris dengan tipis
300 ml air
1/2 sendok teh garam
1/2 sdt pewarna hijau pandan
2 lembar daun pandan
150 gram kelapa parut, kukus dengan campuran sedikit garam.

*Siapkan cetakan bumbung (bambu) yang bersih dan siap digunakan, atau bisa juga menggunakan cetakan sesuai selera.

Cara membuat kue putu bumbung :

1. Rebus air bersama garam, daun pandan dan pewarna hujau sampai mendidih, kemudian biarkan sampai menghangat.

2. Kemudian tuangi ke dalam tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan hingga menjadi butir-butir halus.

3. Siapkan saringan kasar, masukkan adonan tepung dan gosok-gosokkan hingga adonan menjadi butiran halus, kemudian ditampung.

4. Ambil cawan dengan ukuran 30 ml , tuangkan 1/2 makan adonan tepung, lubangi bagian tengah dengan jari telunjuk, masukkan gula merah dan ditutup dengan 1/2 sendok makan tetapi jangan ditekan.

5. Balikkan cetakan berisi adonan ke atas loyang datar dengan beralaskan daun pisang, angkat cetakannya dan atur jarak adonan yang sudah dicetak dan jangan sampai berdekatan.

6. Kukus dengan api besar selama 10 menit, angkat dan sajikan dengan taburan kelapa.

7. Jika menggunakan bambu, masukkan sepotong kecil daun pisang sebagai alas cetakan isi dengan tepung dan gula. Kukus dengan posisi berdiri di atas lubang-lubang kukusan.

Selamat mencoba..

Related Posts

Previous
Next Post »