10 Bahan Alternatif Pengganti Tepung Terigu

Tepung terigu memang banyak digunakan sebagai bahan utama dalam membuat berbagai makanan, kue, dan cake. Tapi jika tidak ada tepung terigu, kira-kira akan menggunakan bahan apa ya sebagai penggantinya? Atau Anda ingin mencoba dan menciptakan resep baru tanpa tepung terigu? Atau ingin membuat makanan untuk diet dan ingin mengganti terigu dengan bahan lain? 

Berikut ini ada 10 jenis bahan alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu.


1. TEPUNG OAT

Tepung Oat terbuat dari biji oatmeal. Tepung ini kaya nutrisi, lebih banyak protein dan lemak sehat. Tepung oat juga rendah karbohidrat. Teksturnya agak kasar dan tebal, memiliki rasa manis alami. Cocok untuk kue dessert dan pasta.

10 Bahan Alternatif Pengganti Tepung Terigu
Tepung Oat



2. TEPUNG ALMOND

Tepung almond dibuat dari almond manis yang telah dikupas atau almond yang berkulit ari. Tekstur tepung almond berbutir-butir agak kasar seperti jagung giling. Protein dalam tepung almond dua kali lipat protein dalam tepung terigu. Tepung almond cocok untuk yang sedang diet rendah karbohidrat

Lemak dalam almond adalah lemak tak jenuh ganda. Selain itu, almond juga sumber asam lemak omega-6 dan vitamin E yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dalam kuliner Perancis, tepung almond menjadi bahan utama pembuatan marzipan. Selain itu menjadi bahan isi untuk roti galette dan pai. Tepung almond juga menjadi bahan pengganti tepung terigu dalam adonan kue manis seperti macarons dan sachertorte.

10 Bahan Alternatif Pengganti Tepung Terigu
Tepung Almond

3. TEPUNG CHIA

Terbuat dari chia-seed (biji chia), bisa biji chia hitam atau putih. Tepung ini kaya nutrisi, omega-3, dan bebas gluten. Tepung chia akan cepat mengental saat diolah. Jadi perlu diingat untuk menambahkan cairan dalam jumlah yang lebih banyak. Tepung chia bisa digunakan untuk beragam kue, dessert dan campuran salad sekalipun. 

4. TEPUNG GANDUM

Terbuat dari biji gandum utuh, tak heran jika tampilannya sedikit kusam dibandingkan tepung terigu, meskipun sama-sama terbuat dari tanaman gandum. Hal ini karena sekam pembungkus bulir gandum ikut digiling. Teksturnya juga kasar. Meski begitu, tepung gandum utuh kaya nutrisi dan serat pangan yang berguna untuk mempertahankan diet seimbang. Tepung gandum cocok untuk adonan roti dan kue.

10 Bahan Alternatif Pengganti Tepung Terigu
Tepung Gluten - Tepung Gandum

5. TEPUNG GLUTEN

Tepung gluten paling tinggi protein dibanding jenis tepung lain. Kadarnya hingga 14%. Tepung gluten kaya gizi dan energi. Cocok untuk diet dan para vegetarian. Tepung gluten juga bagus dikonsumsi untuk penderita diabetes. Teksturnya lembut, tebal, dan kenyal. Cocok untuk roti, kue, mie, dan beragam camilan.

6. TEPUNG BUCKWHEAT

Jika Anda sensitif atau alergi terhadap gluten, maka ini adalah tepung yang cocok untuk Anda. Tepung buckwheat kaya nutrisi, kaya rasa dan serat. Tepung ini cocok digunakan untuk makanan yang berasa gurih atau pedas. Karena pada dasarnya tepung ini memiliki rasa sedikit pedas. Tortilla, pita bread, canai, campati, aneka pasta dan pizza base cocok menggunakan tepung ini sebagai bahan dasar.

10 Bahan Alternatif Pengganti Tepung Terigu
Tepung buckwheat - Tepung Kedelai

7. TEPUNG KEDELAI

Tepung ini sempurna untuk menggantikan posisi terigu dalam pembuatan cake, kue, dan beragam camilan lain. Tepung kedelai putih bebas gluten dan tinggi protein. Teksturnya agak kasar dibanding terigu. Secangkir tepung kedelai (200 gram) hanya mengandung 350 kalori.

8. TEPUNG BERAS MERAH

Terbuat dari beras merah, bebas gluten, kaya nutrisi dan vitamin. Aromanya wangi, warna tepungnya  juga menarik. Tepung beras merah merupakan sumber serat dan biji-bijian yang baik untuk tubuh, sekaligus dapat menjadi alternatif pengganti karbohidrat yang sehat. Tepung beras merah cocok untuk aneka bubur, aneka kue basah, cake dan kukis.

10 Bahan Alternatif Pengganti Tepung Terigu
Tepung Beras merah - Tepung Kelapa

9. TEPUNG KELAPA

Tepung kelapa terbuat dari daging kelapa segar, yang digiling hingga lembut kemudian dikeringkan. Dibangingkan tepung lainnya, tepung kelapa paling tinggi kandungan serat alaminya. Karbohidrat tepung kelapa rendah kalori yang mudah dicerna oleh usus. Mengandung lemak jenuh tahan panas dan tidak beracun. Tepung kelapa memiliki rasa manis dan beraroma wangi. Cocok untuk beragam kue, cake, roti dan dessert.

10. TEPUNG QUINOA

Tepung quinoa dibuat dari biji kinoa atau quinoa. biji kinoa mengandung karbohidrat, protein, dan asam amino esensial tinggi. Selain itu kaya sejumlah kalsium, fosfor, dan zat besi. Setelah menjadi tepung pun nutrisi bahan tetap terjaga. Sebelum diolah menjadi tepung, biji quinoa dikeringkan dahulu untuk menghilangkan kadar saponin yang dapat membuat rasa tepung pahit. Tepung quinoa sangat fleksibel diolah menjadi berbagai hidangan, seperti appetizer, menu utama hingga dessert.

Related Posts

Previous
Next Post »