Cara membuat Kue Apem Kukus Mekar Aneka Warna - Lembut Dan empuk

Kue apem atau sering disebut juga kue mangkuk adalah kue basah khas makanan tradisonal yang dibuat dari tepung beras dan tape singkong. Makanan ini juga termasuk salah satu jajanan pasar yang digemari masyarakat karena teksturnya yang lembut, manis, dan empuk.Tidak hanya kalangan orang tua saja yang menyukainya, tapi juga anak-anak pun menyukainya. Apalagi saat ini kue Apem dibentuk dengan beraneka warna, yang membuat tampilannya semakin cantik dan menarik, cocok disajikan untuk menemani minum teh..


Kue Apem Kukus Mekar Aneka Warna


Cara membuat Kue Apem Kukus Mekar Aneka Warna - Lembut Dan empuk

Bahan :

125 gr tape singkong
175 gr gula pasir
100 gr tepung terigu
150 ml air
75 gr gula pasir
200 gr tepung beras
200 ml air dingin
150 ml air soda
1 sdt baking powder

Cara Membuat :

1. Campur tape dan 175 gr gula pasir, aduk rata sampai halus. Sisihkan.
 
2. Campur tepung beras dan air dingin, uleni sampai rata. Sisihkan.
 
3. Masak air dan 75 gr gula pasir, aduk-aduk hingga mendidih. Angkat. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk sampai rata. Sisihkan.
 
4. Campur adonan tape dengan adonan tepung beras, uleni sampai licin. Kemudian masukkan adonan tepung terigu sambil diaduk hingga rata.
 
5. Masukkan baking powder, aduk rata. Lalu tuangi dengan air soda sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai encer dan rata. Saring.
 
6. Beri pewarna sesuai selera, aduk rata. Jika ingin membuat beberapa warna, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan beri warna berbeda pada masing-masing bagian.
 
7. Panaskan cetakan kue mangkuk ke dalam kukusan sampai beruap banyak. Tuang adonan dalam cetakan. Kukus kurang lebih sekitar 20 menit. Angkat dan sajikan.
 
 
Tips anti gagal :

  • Gunakan tape singkong yang benar-benar jadi dan lembek.
  • JANGAN memoles cetakan dengan mentega, minyak, atau apapun.
  • Panaskan cetakan dan pengukus terlebih dahulu sampai beruap banyak.
  • JANGAN BUKA kukusan sebelum 20 menit.
  • Lakukan semua langkah dengan benar, demikian pula saat menuang air gula mendidih dengan tepung terigu, tidak perlu menunggu dingin dulu, langsung saja campur dengan adonan lain. Pada dasarnya saat membuat kita hanya membuat 3 adonan yaitu : adonan tape dan gula, adonan tepung beras dan air dingin, adonan tepung terigu dan air mendidih.
  • Satukan segera ketiga adonan ini, baru tambahkan BP dan air soda. Baru kemudian disaring supaya kue apem tampil mulus. 
  • Sambil menyiapkan semua bahan adonan, sebaiknya sambil memanaskan panci pengukus dan cetakannya.
Selamat mencoba..!

Related Posts

Previous
Next Post »